Herman Deru Menyerahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan Bagi 1000 Pedagang Pasar

[InteL86.TV]  Palembang – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menyerahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi 1000 pedagang pasar pada acara Silaturahmi bersama pedagang pasar di area Pelabuhan Dishub Pasar 16 Ilir Palembang (29/11).

Herman Deru mengatakan,”Saya minta kepada seluruh OPD Provinsi, vertikal, Pemkot, Camat, kita pantik kepedulian untuk melindungi sektor non formal para pekerja sehari-hari bekerja mencari nafkah,”ucapnya.

Gubernur berharap semoga bermanfaat dan menjadikan mereka lebih bersemangat bekerja karena merasa terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan.

“Kita ketahui bahwa pekerja sektor non formal ini merupakan penunjang utama dalam pemulihan ekonomi,”ujarnya.

“Kedepan kita bergandengan dengan BPJS Ketenagakerjaan serta asosiasi pedagang yang ada untuk sosialisasi terkait manfaat dari BPJS ini,”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPW Aliansi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSINDO) Sumsel Budi Sulistiyani,S.E.,M.Si menyampaikan bahwa pemberian Kartu Jamsostek bagi pedagang pasar merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terhadap pekerja non formal khususnya pedagang pasar.

“Ucapan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada Bapak Gubernur H Herman Deru dan berharap program ini bisa berlanjut karena pedagang Pasar di Sumatera Selatan ini mayoritas belum terlindungi terhadap resiko kecelakaan selama bekerja,”tambahnya.

Program BPJS Ketenagakerjaan banyak manfaatnya bagi pedagang pasar, karena selain mencover biaya perawatan akibat kecelakaan, pengganti penghasilan selama tidak bisa bekerja karena kecelakaan , memberikan santunan kematian, juga ada pemberian beasiswa bagi 2 orang anak dari TK sampai pendidikan tinggi.

Perempuan yang akrab disapa Yeyen ini juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumsel dan Kantor BPJS Kota Palembang yang telah bergandengan tangan dengan DPW APPSINDO Sumsel untuk terlaksananya program ini.

“Kita bersama-sama melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para pedagang pasar agar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk terlindungi selama bekerja.”ujarnya.

Hari ini pedagang Pasar di Kota Palembang yang tercover 1000 orang terdiri dari pedagang Pasar 16 Ilir, Pasar Kuto, pedagang kaki lima dan pedagang kuliner yang berada di kawasan Pasar 16 ikir, tengkuruk dan sekitarnya.

Kepada para pedagang yang belum terdaftar, silahkan mendaftarkan diri melalui DPW APPSINDO Sumsel yang berkantor di Gedung Pasar 16 Ilir,” pungkasnya.

Hal sama yang di katakan, Kepala Disnakertras Provinsi Sumsel, H. Koimudin,S.H., M.M mengapresiasi serta mendukung program terobosan dari Gubernur Sumsel untuk memberikan 1000 kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja sektor nonnformal.

“Hari ini 1000 pekerja non formal di Pasar 16 Ilir menerima Kartu BPJS Ketenagakerjaan oleh Gubernur Sumsel dan dibayarkan oleh Pemprov selama 2 bulan dan selanjutnya akan dilanjutkan secara mandiri,”katanya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Palembang Mohd. Faizal mengatakan pihaknya menyambut baik kontribusi dari Gubernur Sumsel yang telah memberikan BPJS Ketenagakerjaan bagi 1000 pekerja non formal dengan pembayaran 2 bulan oleh PTPN VII.

“Berharap program ke depan program ini terus berjalan bahkan akan lebih banyak lagi yang mendaftarkan diri agar bisa terlindungi selama bekerja,”Pungkasnya. (M.Efendi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *