Kapolda Sumsel: 4 Sifat Pati Gajah Mada Pedoman Polri

Intel86tv.com | Palembang,- Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke- 78 di Halaman Mapolda Sumatera Selatan( Sumsel) berlangsung dengan tertib dan lancar. Bertindak sebagai Inspektur Ucapaca Kapoda Sumatera Selatan, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, S.Ik, Senin (1/7/24).

Usai upacara, Kapolda menyebut empat sifat kepemimpinan Maha Pati Gajah Mada yang menjadi pedoman anggota Polri. “Setidaknya ada empat sifat Fitur Maha Pati Gajah Mada yang menjadi pedoman insan Bhayangkara,” sambung Kapolda dalam kata sambutannya dihadapan para tamu undangan Hari Bhayangkara ke-78.

Pertama, Satya Maha Prabu yakni setia negara dan pimpinan. Kedua Nayaken Musuh yang artinya setiap insan Bhayangkara wajib melenyapkan musuh negara dan masyarakat. Ketiga, Negara Gineng Pratijna yang senantiasa mengagungkan negara baik benar atau salah, sebagai personil Polri wajib membela.

“Dan terakhir Tan Satresna , dalam melaksanakan insan Bhayangkara tidak terikat pada sesuatu,” jelas Kapolda.

Kapolda menceritakan Kepolisian Republik Indonesia telah ada sejak sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Fungsi dan organ dari lembaga pelindung negara itu telah ada sejak abad ke- 12, yang kala itu dilakukan Kerajaan Majapahit dengan pasukan yang disebut Bhayangkara.

“Arti Bhayangkara adalah Pelindung negara dan masyarakat, yang dipimpin Maha Pati Gajah Mada,” tuturnya.
Selain menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak, Kapolda juga secara tulus memohon maaf atas segala kesalahan kekurangan dan ketidakpuasan yang masyarakat alami dalam pelayanan dijajaran Polda Sumsel. “Kami akan terus meningkatkan kualitas pelayanan dan bersumpah untuk tidak menyakiti hati masyarakat,” sebutnya.

Kapolda juga berpesan kepada para pesonel untuk mengingat Sumpah Tribrata dan Lambang Rastra Sewakotta yang artintya Polri abdi utama daripada nusa dan bangsa. “Kita yang diharapkan masyarakat menyelesaikan dan menuntaskan seluruh permasalahan yang dihadapi,”tegasnya.

Adapun pasukan upacara Hari Bhayangkara ke-78 diikuti 4 batalyon, tidak hanya dari Personel Polda Sumsel, namun juga personel TNI, Dishub Sumsel, Satuan Pol PP Sumsel, Damkar Palembang dan juga ASN dilingkungan Polda Sumsel, serta kalangan Pramuka.
Untuk Komandan Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumsel,Perwira Upacara AKBP Andiyanto. Komandan Upacara Kasubdit 3 DItreskrimum Polda Sumsel AKBP H.P Yunar Sirait dan Pengucap Tribata Kanit 4 Satreskrim Polres Empat Lawang, IPDA Gede Andika Surya Wibisana. (M.Efendi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *